Sabtu, 19 Januari 2013

fungsi dan manfat lipid

FUNGSI DAN MANFAAT LIPID DALAM TUBUH MANUSIA *)
                     Oleh: Sri wahyuni **)

       Lipid adalah Ester asam lemak dan senyawa organik lain yang memiliki sifat fisik seperti lemak, umumya larut dalam alkohol dan eter yang memberi rasa lemah, Sifat lemak hewan pada umumnya padat pada suhu ruang, sedangkan lemak tumbuhan berupa cair pada suhu ruang, yang dikenal dengan minyak .


Ø  Fungsi lipid dalam tubuh manusia
Beberapa peranan biologis yang penting dari lipid adalah sebagai berikut:
a.       Sebagai cadangan energy
b.      Sebagai komponen dari struktur membran
c.        Komponen permukaan sel yang berperan dalam proses interaksi antara sel dengan senyawa kimia diluar sel.
d.      Bertindak sebagai vitamin, hormon dan molekul sinyal.
e.       Sebagai bahan bakar
f.       Dan sebagai lapisan pelindung

Lipid terdapat dalam semua bagian tubuh manusia terutama otak, mempunyai peran yang sangat penting dalam proses metabolisme secara umum serta lipid juga berperan penting dalam tubuh manusia yaitu sebagai menyimpan energi, sekaligus sebagai sumber utama bagi tubuh, sumber utama bagi tubuh antara lain adalah karbohidrat, protein dan lipid, tapi itu semua tergantung pada stuktur dan komposisi kimia.Meskipun tubuh manusia lebih mudah dan efisien berasal dari karbohidrat, lemak menyediakan energi lebih potensial per gram, memungkinkan untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar.
 Lipid disimpan dalam jaringan adiposa (bawah kulit), yang manusia sebut dengan "gemuk". Jaringan adiposa juga berfungsi sebagai bantalan pelindung untuk organ, dan sebuah lapisan isolasi terhadap kehilangan panas. Ia dikeluarkan apabila diperlukan dan diubah menjadi gliserol dan asam lemak didalam hati. Ketika lipid yang tertelan, mereka dimetabolisme dalam usus ke dalam kilomikron. Setelah itu protein lipid molekul diangkut dalam sel oleh lipoproein lain sebagai pemanfaatan atau penyimpanan, tergantung pada kebutuhan tubuh manusia. Hati mengatur konsentrasi lipid dalam darah, lipid di dalam darah dalam jumlah yang sangat berlebihan disebut “lipemia”, dengan tingkat yang berlebihan dapat mengakibatkan deposisi dalam jaringan adiposa. Lipid disimpan sebagai trigliserida, yang secara kimiawi terdiri dari tiga rantai asam lemak. Proses metabolisme, kerusakan, dan daur ulang.
Gabungan antara lemak dengan protein disebut lipoprotein, lipoprotein bertugas untuk mengangkut lemak dri tempat pembentukannya menuju tempat penggunaannya. Ada beberapa jenis lipoprotein yang paling dikenal sebagai LDL, HDL, dan VLDL. Lipid molekul protein mengandung kolesterol, yang mungkin dikenal hubungannya dengan tingkat LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sebagai faktor resiko untuk penyakit jantung.  Untuk mengatasi akumulasi dari lipoprotein lainnya, HDL bertindak seperti spons menyerap kelebihan lipid dan kolesterol dari proses fisiologis. Saluran kolesterol yaitu: organ menuju ke darah lalu ke hati, empedu setelah itu ke saluran pencernaan lalu dibuang melalui anus dan kembali ke darah lagi. Hasil penelitian menemukan bahwa lipid dalam membran sel melayani fungsi penting dalam pensinyalan sel dan aktivitas enzim dalam proses seluler. Vitamin kolesterol adalah steroid yang berfungsi sebagai prekursor untuk androgen dan lebih dikenal sebagai hormon seks, serta Vitamin D dan kortisol, hormon stress, dan sekitar 15 persen dari kolesterol dalam tubuh manusia tertelan. Membran otak dan jaringan sistem saraf terbuat dari lipid. Meskipun otak tidak memiliki trigliserida, lipid berperan penting dalam transduksi sinyal dan penahan protein karena prevalensi membran dalam sistem saraf,dalam sistem saraf itu juga ditemukan konsentasi tinggi lipid. Dan penelitian telah ditemukan bahwa gangguan neurologis sebenarnya mungkin memiliki beberapa dasar dalam ketidakseimbangan lipid.

Ø  Manfaat Lemak Bagi Tubuh

 Lemak itu sangat bermanfaat bagi tubuh dan merupakan bahan makanan yang penting bagi manusia, asal lemak itu dikonsumsi dengan tepat. Di antaranya adalah:
1.  Kandungan kalori cukup tinggi. 
Lemak itu sangat bermanfaat dan sangat penting dikonsumsi bagi anak, selain itu lemak juga bisa melezatkan makanan.
2.  Kandungan asam lemak sangat penting, yang disebut asam lemak esensial.
Asam lemak esensial merupakan prekursor pembentukan hormon tertentu. Selain itu dapat juga sebagai penyusun membran yang sangat penting untuk berbagai tugas metabolisme.
3.  Lemak juga dapat melarutkan berbagai vitamin A, D, E dan K. 
Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung lemak akan menjamin penyediaan vitamin-vitamin tersebut untuk keperluan tubuh.
4.  Lemak juga berperan penting pada tubuh manusia.
Lemak cadangan yang ada dalam tubuh manusia berfungsi melindungi berbagi organ penting, seperti ginjal, hati, dan sebagainya. Tidak saja sebagai isolator, tapi juga kerusakan fisik yang mungkin terjadi pada waktu kecelakaan.
Lemak memang sangat penting bagi tubuh kita, tapi kita juga biasanya akan merasa risih dan tidak nyaman apabila tubuh kita di hiasi oleh lemak. Karena itu kita akan segera langsung sigap dan bersusah payah mencari cara untuk menghilangkan lemak yang ada di tubuh kita khususnya di bagian perut dengan berbagai macam cara, Entah dengan minum teh diet, susu pelangsing, sabun untuk melangsingkan tubuh, akupuntur, atau berolahraga. Karena Memiliki massa tubuh yang ramping akan membantu metabolisme yang tinggi, menjaga tulang tetap kuat, dan mengusir penyakit, dan tekanan darah tinggi. Dan yang lebih penting lagi adalah tubuh yang ramping dan langsing itu idaman setiap manusia khususnya seorang wanita karena tubuh ramping itu jelas lebih enak dilihat dibandingkan dengan seseorang yang kelebihan lemak (gemuk). Secara kimiawi lemak terdiri dari dua bentuk, yaitu lemak yang tampak dan lemak yang tidak tampak. Lemak yang tampak, misalnya mentega, margarin, atau minyak goreng. Dan lemak yang tidak tampak, misalnya yang terdapat pada daging, kacang tanah, susu, telur dan sebagainya.
Ø  Beberapa cara memelihara kadar lemak tubuh yang sehat
Lemak tubuh pada dasarnya dibutuhkan agar fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan normal dan sehat. Lemak tubuh tetap dalam kadar yang normal juga sangat diperlukan, dibawah ini beberapa cara memelihara kadar lemak tubuh yang sehat, antara lain:
1. Perlindungan.
  Lemak itu sangat penting untuk melindungi tubuh kita, untuk  mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin. 
2. Fungsi tubuh.
 Lemak tubuh penting untuk menjalankan fungsi tubuh dengan sehat dan normal. 
3. Penyerapan vitamin.
 Lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin A, D, E, dan K yang mudah larut dalam lemak. Tanpa lemak kita bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan datangnya penyakit.
4. "Peredam kejut" pribadi.
Lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital, dan menjaga sendi-sendi. Bahkan atlet pun memerlukan lemak untuk melindungi tubuh mereka dari cidera yang potensial dialami saat bertanding. 
5. Struktur sel, kecantikan, dan pertambahan usia
Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita, yang berguna untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Meskipun kita rajin berolahraga dan tubuh kita kencang, namun lemak tubuh yang sehat juga akan menjaga kita tetap terlihat feminin, tidak seperti Madonna yang membuat tubuhnya terlihat seperti laki-laki.
6. Kesuburan.
 Lemak tubuh berfungsi untuk membantu memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita, yang memiliki lemak tubuh sangat rendah, akan cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi
7. Energi dan daya tahan.
 Dengan kita memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat, kita bisa terhindar dari penyakit dan kelelahan yang berlebihan. Selain itu, lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau menurunkan energi.

*) Tugas mata kuliah Biokimia (Dosen pengampu R. Suwasis hadi)
**) Mahasiswa prodi Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya (semester III)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar